4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak

4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak. Pada artikel kali saya akan membagikan tips kepada orangtua tentang bagaimana memilih hadiah yang tepat bagi anak-anak. Beberapa hari yang lalu saya berselancar ke sebuah situs yang menjelaskan tentang bagaimana memilih hadiah yang tepat untuk anak. Selengkapnya dapat anda baca pada artikel ini
https://www.ayobelajar.org/2019/02/4-cara-memilih-hadiah-yang-tepat-untuk.html
4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak
Menyaksikan anak-anak tumbuh dengan sehat, cerdas, dan gembira sangat menyenangkan. Sebagai orangtua, mengapresiasi capaian anak adalah hal yang patut dibiasakan.

Selain dalam bentuk pujian, bentuk apresiasi itu bisa diwujudkan dengan memberikan hadiah. Hadiah bisa mendorong anak untuk lebih bersemangat menjalani proses tumbuh kembangnya. Selain itu, hadiah juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan dan merekatkan hubungan anak dan orang tua.

Di zaman now, kesibukan orangtua tidak jarang menyebabkan intensitas kebersamaan dengan anak berkurang. Untuk menggantikan ketidakhadiran mereka di depan anak, kadang orangtua secara sembrono membelikan apa saja yang bisa membuat mereka senang.

Agar tak terjadi ke-sembrono-an tersebut, ada beberapa pertimbangan dalam memberikan hadiah kepada anak.


Tahap perkembangan ini biasanya mengikuti usia anak. Anak-anak balita, misalnya, lebih diprioritaskan pada hadiah yang mendorong kemampuan motorik kasar dan halus. Bola, sepeda, atau lego bisa menjadi pilihan. Pengenalan dan stimulasi kecerdasan kognitif melalui media gambar dan bacaan seperti buku tebal (board book) pun bisa menjadi pilihan.


Mendekatkan anak pada peran fitrahnya sebagai lelaki maupun sebagai perempuan dapat dilakukan sejak dini. Penanaman peran fitrah ini dimulai dengan memilih dan memilah hadiah, terutama mainan. Memang ada banyak jenis mainan yang bersifat general (umum) yang bisa diberikan kepada anak laki-laki maupun perempuan. Namun, penting juga mempertimbangkan penanaman skill tertentu sesuai fitrah anak. Bukan berarti mainan anak perempuan tidak boleh dikenalkan pada anak laki-laki atau sebaliknya. Melainkan, porsi interaksi dengan mainan tersebut yang perlu diberi batasan.


Hadiah atas prestasi menunjukkan kebanggaan. Akan terasa lebih berkesan saat hadiah itu sesuai minat anak. Ini akan mendorong anak untuk melatih diri lebih giat karena merasa mendapat dukungan dari orangtuanya. Diperlukan ketelitian dalam mengamati kebutuhan dan keinginan anaknya. Sehingga hadiah yang diberikan akan tepat guna.


Terkadang kita jumpai orangtua yang memaksakan diri membeli sesuatu yang mahal dan menguras kantong. Bahkan menjerat karena terpaksa berutang. Semuanya dengan dalih demi kebahagiaan anak. Bisa jadi anaknya memang bahagia, tapi orangtuanya gantian menderita karena terlalu memaksakan keadaan. Jadi repot, bukan?

Ayah-Bunda, mari kita lebih bijak menjadi orangtua. Terutama dalam memberikan hadiah untuk putra-putri kita. Hadiah terindah itu bukan yang termahal, tercanggih, atau termewah.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memilih Hadiah Yang Tepat Untuk Anak"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan di atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel