4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif

https://www.ayobelajar.org/2019/01/4-contoh-paragraf-induktif-pengertian.html

4 Contoh Paragraf Induktif, PengertianParagraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif

4 Contoh Paragraf Induktif, PengertianParagraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif. Materi mengenai kalimat induktif sering keluar di soal-soal pelajaran bahasa indonesia baik jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sebagai soal ujian nasional (UN), untuk itu penting untuk kita ketahui contoh induktif agar kita bisa menjawab dengan mudah soal yang diberikan oleh guru yang tentunya sudah di tunjuk baik untuk ujian akhir sekolah (UAS) maupun Ujian Nasional (UN).

 

Tidak hanya contohnya saja yang akan admin sajikan, melainkan juga akan di paparkan pengertian, ciri-ciri, dan jenis. Nah, mari mulai belajar untuk mengetahui kalimat induktif.

 

4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-CiriKalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif

 

Pengertian Paragraf Induktif


Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang memuat penjelasan-penjelasan berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus, atau bukti, lalu diakhiri dengan kalimat utama. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum

           

Pola Kalimat Induktif: Khusus → Khusus → Khusus → Umum.

 

  • Diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Lalu di generalisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
  • Kesimpulan sekaligus kalimat utama terletak di akhir Paragraf.


Paragraf generalisasi adalah paragraf yang mengutarakan hal-hal khusus di awalnya, lalu diarahkan menjadi satu kesimpulan umum. Nah, kesimpulan ini diperoleh dari kalimat-kalimat khusus di atasnya.

Paragraf analogi merupakan paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi, maksudnya topik utamanya diutarakan dengan cara membandingkan 2 hal yang mempunyai kesamaan. Dari kesamaan itulah ditarik suatu kesimpulan umum.

Paragraf sebab akibat merupakan paragraf yang kesimpulannya diperoleh dari kalimat-kalimat yang merupakan hal khusus atau sebab pada awal-awal paragraf.

Kebalikan dari paragraf sebab – akibat, paragraf ini menarik kesimpulan umum yang berupa sebab dari akibat – akibat yang diuraikan sebelumnya.


Ketika ujian telah selesai, nilai anak-anak diperiksa. Ternyata terdapat berbagai nilai siswa, sebanyak 19 siswa nilainya melampaui standar kelulusan. 10 siswa memperoleh nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorang siswa pun yang memperoleh nilai dibawah standar. Sehingga bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini berhasil.

Belajar di masa tua memerlukan usaha yang lebih karena daya tangkap yang dimiliki saat tua sudah berkurang. Selain itu motivasi yang dimiliki sudah melemah karena terlalu banyak pikiran. Alasan itulah yang menggambarkan bahwa belajar di waktu tua seperti melukis di atas air.

Sekarang kita sudah memasuki musim penghujan. Terdapat banyak sampah yang menumpuk karena kita sering membuang sampah sembarangan. Apalagi dangkalnya permukaan sungai saat ini bertambah. Sehingga tidak mengherankan apabila banjir datang setiap hari.

Ahmad suka menolong orang dan selalu ramah terhadap siapapun. Tidak seperti adiknya Hakim yang suka jahil kepada orang. Hakim lebih terkenal karena nakal nya dibandingkan prestasinya. Itulah alasan mengapa kedua saudara ini mendapatkan perlakuan yang berbeda dari teman-temannya.

Belum ada Komentar untuk "4 Contoh Paragraf Induktif, Pengertian Paragraf Induktif, Ciri-Ciri Kalimat Induktif dan Jenis-Jenis Kalimat Induktif"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan di atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel