Sispena Akreditasi - Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 034/H/AK/2018 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK)

Sispena Akreditasi - Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 034/H/AK/2018 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 86 (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu dilakukan akreditasipada setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan.
https://www.ayobelajar.org/2018/12/sispena-akreditasi-menteri-pendidikan.html
Sispena Akreditasi - Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 034/H/AK/2018  Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK)
Perangkat Akreditasi Sekolah Nasional untuk SPK  jenjang SD, SMP dan SMA merupakan  satu  kesatuan  yang  terdiri  atas  instrumen,  petunjuk  teknis,  data  pendukung,  dan  sistem  penskoran.  Proses  penyusunan  dan  pengembangan  Perangkat Akreditasi Sekolah Nasional untuk SPK jenjang SD, SMP dan SMA  disusun  melalui  tahapan  kajian,  uji  coba  pada  sasaran  SPK,  expert  judgement,  dan penyelarasan  dengan  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah,  serta diskusi dengan Balitbang Kemendikbud.

Perangkat Akreditasi Sekolah Nasional untuk SPK jenjang SD, SMP dan SMA ini mengacu kepada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional 20/2003, Peraturan Pemerintah  yang  terkait  dengan  pendidikan,  Standar  Nasional  Pendidikan  (SNP), Peraturan  dan  Keputusan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  serta  peraturan kependidikan lain yang terkait. Jumlah butir pada perangkat ini berjumlah 67 butir pernyataan  yang  relevan  dan  menggunakan  skala  nominal. 

Masing-masing pernyataan disertai dengan petunjuk teknis, data pendukung dan bobot butir yang jelas  sehingga  memudahkan  sekolah,  asesor  dan  pengguna.  Selain  itu  dengan perangkat ini, perbedaan pemahaman dan penilaian antara  sekolah dengan asesor dapat diminimalkan untuk menjamin objektivitas hasil penilaian. Perangkat ini juga dilengkapi dengan pemeringkatan dan teknik penskoran hasil akreditasi.

Perangkat Akreditasi  Sekolah Nasional untuk SPK  jenjang SD, SMP dan SMAmemiliki  dua  kategori  status  akreditasi,  yakni  Terakreditasi  A  dan  Tidak Terakreditasi.  Kategori  status  ini  berdasarkan  persyaratan  bahwa  sekolah-sekolah nasional  tersebut  dapat  mengajukan  sebagai  SPK  apabila  Terakreditasi  A.  Teknik pengolahan  data  menggunakan  Sistem  Penilaian  Akreditasi  Sekolah/ Madrasah (SisPenA  SM)  berbasis  web  responsive  yang  dapat  juga  diakses  dari  berbagai perangkat  mobile  (smartphone,  tab,  dll.)  untuk  mempercepat  dan  mempermudah penyajian hasil Akreditasi.

Belum ada Komentar untuk "Sispena Akreditasi - Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 034/H/AK/2018 Tentang Kriteria Dan Perangkat Akreditasi Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK)"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel