Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru

Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru. Guru  sebagai  pendidik  profesional  bertugas  untuk  mendidik,  mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia  dini pada jalur pendidikan formal. Dalam pelaksanaan  tugasnya,  guru  bertanggung  jawab  terhadap  peserta  didik, orang tua, masyarakat, bangsa, negara, dan agama. Dalam menjalankan tugas-nya,  guru  mempunyai  hak  berupa  penghasilan,  promosi, kesempatan meningkatkan  kompetensi  serta  berkewajiban  untuk merencanakan pembelajaran  secara  baik,  mengembangkan  kualifikasi dan  kompetensinya  secara berkesinam-bungan  dan  sebagainya.  Guru yang menjalankan  tugasnya  dengan baik  disebut guru  yang profesional, yakni  guru  yang  memiliki  beberapa  keahlian  atau kompetensi  meliputi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang terjalin satu dengan lainnya.
Abstract:
Teachers as professional educators  are in charge in  educating, teaching, guiding,  directing,  training,  assessing,  and  evaluating  students  in  formal early education. In  performing  these  duties, the teachers are responsible for  the  students, parents,  nation  and    religion.  In  carrying  ou  their  task , they  also  have  the  right  to  hav e  salary,  promotion,  opportunities  to improve  their  competence ,  as  well  as  have  an  obligation  to  plan  good instruction, and developing qualification and competence sustainably . The teachers who perform their duties are called professional, that is, having some  expertise  or  competence  including  pedagogy,  personality,  and social, professional. interwoven with one another.

GURU  adalah suatu sebutan bagi jabatan, posisi, dan profesi bagi seseorang yang mengabdikan dirinya dalam bidang pendidikan melalui interaksi edukatif secara terpola, formal, dan sistematis. Dalam UU R.I. Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pada bab I p asal 1 dinyatakan bahwa:

Guru  adalah  pendidik  profesional  dengan tugas utama mendidik,mengajar, membimbing,  mengarahkan,  melatih,  menilai,  dan  mengevaluasi  peserta  didik  pada  pendidikan  anak  usia  dini  jalur  pendidikan formal,  pendidikan  dasar, dan pendidikan menengah. (Redaksi  Sinar Grafika, 2009:3) 

Guru  yang  profesional  akan  tercermin  dalam  penampilan  pelaksanaan pengabdian  tugas-tugas  yang  ditandai  dengan  keahlian,  baik  dalam  materi maupun metode.

Di samping keahliannya, sosok guru profesional ditunjukkan melalui tanggung jawabnya dalam melaksanakan seluruh pengabdiannya. Guru profesional hendaknya mampu memikul dan melaksanakan tanggung jawabnya sebagai  guru  kepada  peserta  didik,  orang  tua,  masyarakat,  bangsa,  negara,  dan agamanya.

Sebagai  pengajar  atau  pendidik,  guru  merupakan  salah  satu  faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan, selalu bermuara pada faktor guru.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  betapa  eksisnya  peran  guru  dalam  dunia pendidikan.

Guru  menjadi  faktor  yang  menentukan  mutu  pendidikan  karena  guru berhadapan langsung dengan para peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Di tangan guru, mutu dan kepribadian peserta didik dibentuk. Karena itu, perlu sosok guru kompeten, bertanggung jawab, terampil, dan berdedikasi tinggi.  Guru  adalah  kurikulum  berjalan.  Sebaik  apa  kurikulum  dan  sistem pendidikan yang ada tanpa didukung oleh kemampuan guru, semuanya akan sia-sia. Guru berkompeten dan bertanggung jawab, utamanya dalam mengawal perkembangan peserta didik sampai ke suatu titik maksimal. Tujuan akhir seluruh  proses  pendampingan  guru  adalah  tumbuhnya  pribadi  dewasa  yang utuh.

Seiring  dengan  kemajuan  teknologi  informasi  yang  begitu  pesat,  guru tidak lagi sekedar bertindak sebagai penyaji informasi. Guru juga harus mampu bertindak sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing yang lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari  dan  mengolah sendiri  informasi  (Uno,  2009:16-17).  Dengan  demikian,  guru  juga  harus senantiasa  meningkatkan  keahliannya  dan  senantiasa  mengikuti  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu menghadapi berbagai tantangan.

Perkembangan dunia pendidikan yang sejalan dengan kemajuan teknologi dan globalisasi yang begitu cepat perlu diimbangi oleh kemampuan pelaku utama  pendidikan,  dalam  hal  ini  guru.  Bagi  sebagian  guru,  menghadapi perubahan  yang  cepat  dalam  pendidikan  dapat  membawa  dampak  kecemasan  dan  ketakutan.  Perubahan  dan  pembaruan  pada  umumnya membawa banyak kecemasan dan ketidaknyamanan. Implikasi perubahan  dalam  dunia pendidikan,  bukan  perkara  mudah,  karena  mengandung  konsekwensi  teknis dan  praksis,  serta  psikologis  bagi  guru.  Misalnya,  perubahan  kurikulum  atau perubahan  kebijakan  pendidikan.  Perubahan  itu  tidak  sekedar  perubahan struktur  dan  isi  kurikulum.  Atau  sekedar  perubahan  isi  pembelajaran,  tetapi perubahan  yang  menuntut  perubahan  sikap  dan  perilaku  dari  para  guru. Misalnya, perubahan karakter, mental, metode, dan strategi dalam pembelajaran.

Guru  dalam  menjalankan  tugas  profesionalnya  mempunyai  tugas  dan tanggung jawab yang tidak ringan. Untuk itu, guru harus memiliki dan menguasai kompetensinya dan sekaligus mengetahui hak dan kewajibannya sehingga ia menjadi sosok guru yang betul-betul profesional.

Dari  uraian  di  atas,  selanjutnya  dalam  makalah  ini  dibahas  lebih  lanjut uraian tentang  pengertian,  tugas  dan  tanggung  jawab,  hak  dan  kewajiban serta kompetensi guru.

Belum ada Komentar untuk "Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru "

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel