Perancangan Animasi Interaktif Panduan Kepramukaan Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android

Kegiatan  kepramukaan  pada  tingkat  Sekolah  Dasar  biasanya  dilaksanakan  satu minggu  sekali  dengan  waktu  yang  terbatas.  Dalam  kegiatan  tersebut  banyak  waktu  yang digunakan untuk menghafal materi kepramukaan di dalam ruang kelas, sehingga mengurangi aktifitas kepanduan di alam bebas yang merupakan inti dari Gerakan Pramuka. 
Perancangan Animasi Interaktif Panduan Kepramukaan Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android
Menghafal dan memahami  materi  kepramukaan  melalui  buku  dirasa  masih  kurang  efektif  karena  membuat siswa  seringkali  merasa  jenuh  dan  kurang  fokus  dalam  mempelajari  teori-teori  dasar kepramukaan.  Oleh  karena  itu  diperlukan  pengembangan  media  pembelajaran  salahsatunya dengan  animasi  interaktif  berbasis  multimedia  yang  dapat  menjadi  salah  satu  media pembelajaran alternatif untuk guru sebagai pembina Pramuka pada guru-guru tingkat sekolah dasar  dalam  memberikan  materi  kepramukaan.  

Dengan  begitu  siswa  akan  bertambah  minat belajar tentang teori kepramukaan nya dan lebih terpacu semangatnya dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran ini. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk membantu pembelajaran dengan pokok bahasan teori kepramukaan yang dikembangkan dengan Adobe Flash Professional CS 6.0 dan android. Dalam penulisan ini, penulis membahas tentang  panduan  kepramukaan  yang  diaplikasikan  kedalam  sebuah  Smartphone  android dengan  memadukan  antara  belajar  dan  bermain  yang  dikemas  dalam  bentuk  animasi  yang menarik dan mudah dipahami yang ditujukan sebagai salahsatu solusi agar siswa tidak bosan dalam hal belajar teori kepramukaan tanpa terbatas masalah waktu dan tempat.
https://www.ayobelajar.org/2018/11/perancangan-animasi-interaktif-panduan.html
Kegiatan kepramukaan pada tingkat sekolah dasar  biasanya  dilaksanakan  satu  minggu sekali  dengan  waktu  yang  terbatas.  Dalam  kegiatan  tersebut  banyak  waktu  yang digunakan  untuk  menghafal  materi kepramukaan  di  dalam  ruang  kelas, sehingga mengurangi aktifitas kepanduan di alam  bebas  yang  merupakan  inti  dari gerakan  Pramuka.  Menurut  Juliatmojo,  dkk (2013:130)  memaparkan  bahwa  format pendidikan  Pramuka,  sudah  selayaknya dicoba  diperbaharui  dengan  sistem  yang lebih  mengedepankan  pengembangan  ilmu dan  teknologi  ketimbang  mengembangkan kekuatan  fisik  semata.
https://www.ayobelajar.org/2018/11/perancangan-animasi-interaktif-panduan.html
Bukan  berarti kegiatan-kegiatan  rutin  latihan  ditiadakan, akan  tetapi  bentuk  dan  format  latihan  yang dilakukan  disusun  sedemikian  rupa  dalam rangka mendukung  pengembangan  dan peningkatan kemampuan ilmu dan teknologi.

Anggota  pramuka  tidak  boleh  gagap teknologi, tetapi harus melek teknologi. Dari
penelitian  ini,  dapat  dihasilkan  sebuah program  aplikasi  yaitu  pembelajaran  sandi morse  dan  sandi  semaphore  dalam  bentuk simulasi  berbasis  multimedia  untuk mendukung  proses  pembelajaran penyandian  pramuka  agar  lebih  efektif, efisien  dan  menyenangkan  yang  dapat digunakan  untuk  pelatihan  kepramukaan pada  khususnya  dan  umumnya  bagi  siapa pun  yang  berminat  untuk  mendalami penyandian  semaphore  dan  sandi morse.

Berdasarkan  pokok  permasalahan  di atas  penulis  mencoba  merancang  dan
membuat  sebuah  animasi  interaktif  yang penulis  tuangkan  dalam  skripsi  ini  dengan judul  “Perancangan  Animasi  Interaktif Panduan  Kepramukaan  Untuk  Siswa Tingkat  Sekolah  Dasar  Berbasis Android”.  Animasi  ini  diharapkan  dapat
menarik  minat  siswa  dalam  mempelajari dasar-dasar  kepramukaan  yang disertai
penjelasan serta latihan yang berguna untuk melatih pemahaman dan kemampuan siswa sebagai  Pramuka  siaga  dan  Pramuka penggalang di tingkat sekolah dasar.
https://www.ayobelajar.org/2018/11/perancangan-animasi-interaktif-panduan.html
Dalam  penulisan  ini  penulis  membatasi ruang  lingkup  pembahasan perancangan
program  animasi  tersebut  agar  tidak menyimpang  dari  tujuan  dan  ruang  lingkup permasalahan  yang  dibahas  tetap  pada jalurnya.

Untuk  hal  tersebut  maka  penulis membatasi  ruang  lingkup  hanya  pada tampilan  menu  utama  yaitu  pengenalan kepramukaan  untuk  siswa  sekolah  dasar, sejarah  kepramukaan  dunia  dan  Indonesia, pengenalan lambang, bendera, dan struktur
organisasi  gerakan  Pramuka,  pengenalan lagu hymne dan mars Pramuka, pengenalan atribut dan cara pemasangannya, seragam, kode  kehormatan,  kompas,  tali-temali, morse,  semaphore,  evaluasi,  petunjuk  dan tampilan keluar.

Program  animasi  ini  ditujukan  untuk  siswa sekolah  dasar  agar  mereka  mengenal Pramuka,  materi  kepramukaan  dan  mampu memahami  nya  dengan  cara  yang  lebih menyenangkan  dan  tidak  membosankan dengan  menggunakan  smartphone  Android dan  dapat  pula  memberikan  kemudahan bagi  guru  yang  bertindak  sebagai  pembina Pramuka dalam memberikan pembelajaran.

Belum ada Komentar untuk "Perancangan Animasi Interaktif Panduan Kepramukaan Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel