Pembelajaran Ice Breaking Untuk Efektifitas

Ice Breaking untuk Efektifitas Pembelajaran.

Salah satu penunjang efektifitas pembelajaran adalah penyampaian materi yang dikemas dalam suasana fun dan tanpa tekanan.

https://nasionalsafelink.blogspot.com/p/convert.html?id=aHR0cHM6Ly9kcml2ZS5nb29nbGUuY29tL29wZW4/aWQ9MTFVWlRZUUQ4dThIaU9yWDQ1TUZqM2J5QTNrajAwSUNR

Berbagai cara dapat ditempuh untuk menciptakan suasana yang demikian, diantaranya pemanfaatan ice breaking, fun story, musik, relaksasi dan brain gym.

Arti, Tujuan, dan Manfaat Ice Breaking.

Ice breaking secara harfiah berarti pemecah es. Secara maknawi berarti permainan yang digunakan untuk memecah kebekuan dalam berbagai aktifitas, terutama pembelajaran atau training.

Sementara tujuan yang hendak dicapai adalah terciptanya suasana yang akrab, cair dan menyenangkan sehingga terjadi proses keterlibatan (interaksi) multi arah dalam pembelajaran, yaitu interaksi antara guru/fasilitator dengan peserta, peserta dengan peserta dan peserta dengan sumber belajar.

Adapun manfaatnya dalah sebagai berikut: Pertama, Pengkondisian agar siswa siap untuk belajar. Kedua, Membantu membangun mindset positif bahwa belajar dapat dilakukan tanpa tekanan, justru menjadi aktifitas yang menyenangkan. Ketiga, Bila mengajar pada siang hari, siswa cenderung kehabisan energi. Perlu energizer untuk melibatkan mereka.

Tips Menerapkan Ice Breaking

Pertama, tidak terlalu lama dalam pelaksanaannya. Biasa satu ice breaking dalam proses pembelajaran membutuhkan durasi 3 sampai 5 menit. Kecuali icebreaking digunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran.

Kedua, ice breaking diawali dengan intruksi yang benar dan jelas. Selain itu, penting bagi guru untuk menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dari permainan tersebut.

Ketiga, lakukan permainan ini dengan penuh antusias dan kegembiraan. Dua syarat ini penting agar ice breaking dapat berjalan lancar sesuai tujuan.

Keempat, hal yang tak kalah penting sebelum melakukan permainan ini kepada siswa, seorang guru hendaknya sudah mencoba atau mempraktekkan ice beraking tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Pembelajaran Ice Breaking Untuk Efektifitas"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel