Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Guru  dan  Tenaga Kependidikan  (Ditjen  GTK)  dalam  upaya peningkatan  kualitas  pembelajaran  dan meningkatkan  kualitas  lulusan. 
Program  ini  dikembangkan  mengikuti  arah  kebijakan Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan  yang  pada  tahun  2018  telah  terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi  atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan  kualitas  pembelajaran  di  kelas  dengan  berorientasi  pada  keterampilan berpikir tingkat  tinggi.  Desain  peningkatan kualitas  pembelajaran ini merupakan  upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guruyang memberikan  keterampilan mengembangkan  pembelajaran  yang  berorientasi  pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Keterampilan berpikir tingkat  tinggi  yang  dalam  bahasa  umum  dikenal  sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi.
1.    Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.
2.    Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar.
3.    Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
4.    Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

Dengan  adanya Buku  Pegangan  Pembelajaran  Berorientasi pada  Keterampilan  Berpikir Tingkat  Tinggi  ini  diharapkan  dapat  menjembatani  pemahaman  para  guru  dalam  hal perencanaan  dan  pelaksanaan  pembelajaran  lebih  baik  lagi  sehingga  mereka  dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Higher Order Thinking Skill (HOTS)"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel