Teknik Mengerjakan Soal TEST CPNS Menggunakan CAT Berdasarkan Pengalaman Pribadi

AYOBELAJAR.org – Sahabatt pencari pekerjaan dalam artikel ini tentu saja  tentang menikuti test CPNS. Untuk sebagai pembelajaran sangan penting, Jangan jadikan lulus PASSING GRADE (PG) sebagai target karena ketika anda lulus PG dan akan diranking untuk masuk ke SKB. Hanya 3x formasi yang akan masuk ke SKB, artinya jika kuota formasi hanya 5 berarti 3 x 5 = 15 orang aja yang akan maju ke test selanjutnya. Jadi kalo nilai anda pas-pasan maka kecil kemungkinan untuk lanjut ke test SKB.

https://www.ayobelajar.org/2018/10/teknik-mengerjakan-soal-test-cpns.html

1.    Saat waktu ujian sudah dimulai, pastikan mengerjakan soal yang paling mudah dulu, yaitu Test Karakteristik Pribadi (TKP) kalo tahun kemarin itu soalnya mulai nomor 66-100 karena waktu yang dialokasikan hanya 90 menit untuk mengerjakan sebanyak 100 soal.

Soal TKP sangatlah mudah karena hanya memilih jawaban yang paling sesuai. Untuk TKP skor passing grade minimal 143, di soal TKP semua jawaban mempunyai nilai mulai 1-5 artinya walaupun hanya asal klik pasti dapat nilai, tapi ingat hanya jawaban yang terbaik yang mendapatkan poin tertinggi atau nilai 5, jadi jika anda memilih jawaban yang paling benar semua maka nilai anda 35 x 5 = 175 yang terpenting ketika mengerjakan soal TKP jangan terlalu lama membaca soal agar kita bisa mendapatkan waktu lebih untuk mengerjakan soal TWK dan TIU. Dulu admin mengerjakan 35 soal dalam waktu 19 menit (ini masih termasuk lama) jadi masih ada waktu 71 menit untuk mengerjakan soal sebanyak 65. jadi ckup membaca soal sekilas dan memilih jawaban yang menurut anda paling benar, karena itu hargai waktu sebaik mungkin.

Jadi ketika waktu sudah mulai, langsung saja ke soal TKP mulai di nomor 66-100 yah sahabat.

2.    Silahkan memilih TWK terlebih dahulu karena hanya berdasarkan ilmu pasti dan tidak menghitung. Untuk soal TWK nilai passing gradenya 75 dan TIU nilainya 80, jika benar dapat nilai 5 jika salah tidadk akan mengurangi nilai yang ada. Jika bener semua nilainya juga sama yaitu 35 x 5 = 175. Minimal jawab benar 16 lah untuk nilai 80 jadi sudah di atas nilai PG, tpi lebih tinggi lebih baik.

3.    Untuk soal TIU utamakan mengerjakan soal bahasa indonesia dulu contohnya yg mengenai sinonim, padanan kata, antonim, silogisme, karena tidak menguras waktu lama kemudia lanjut mengerjakan soal matematika. Untuk Matematika utamakan mengerjakan soal bercerita itu pastikan dibaca soalnya dlu baru dibaca ceritanya agar memudahkan mencari jawaban ketika membaca, dan kemudian lanjutkan dengan soal numeric karena mudah dicari jawabannya kemudian soal deret aritmatika.

4.    Jika ada soal yang tidak bisa dikerjakan, jawab saja salah satunya sambil dicatat dikertas gunanya agar ketika masih ada waktu yang tersisa bisa kembali mengerjakan soal tersebut.

Nah, itu saja yang dapat admin berikan untuk sahabat sebagai pedoman sederhana dari pengalam admin.

Kita doakan setelah membaca artikel ini sahabat dinyatakan lulus.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Mengerjakan Soal TEST CPNS Menggunakan CAT Berdasarkan Pengalaman Pribadi"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel