Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kurikulum 2013

Literasi  tidak  terpisahkan  dari  dunia  pendidikan.  Literasi  menjadi  sarana  peserta  didik dalam  mengenal,  memahami,  dan  menerapkan  ilmu  yang  didapatkannya  di  bangku sekolah.
https://www.ayobelajar.org/2018/10/strategi-literasi-dalam-pembelajaran.html
Literasi juga terkait dengan kehidupan peserta didik, baik di rumah maupun di
lingkungan  sekitarnya  untuk  menumbuhkan  budi  pekerti  mulia.  Literasi,  di  awal, dimaknai ‘keberaksaraan’ dan selanjutnya dimaknai  ‘melek’ atau ‘keterpahaman’. Pada langkah awal, ‘melek baca’ dan ‘tulis’ ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini  merupakan  dasar  bagi  pengembangan  melek  dalam  berbagai  hal  atau  disebut “multiliterasi”.

Materi  Penyegaran  bagi  Instruktur  Kurikulum  2013  ini  sekaligus  menjadi  materi
pendampingan  bagi  guru  sasaran  yang  disusun  sebagai upaya  memberikan  inspirasi kepada guru dalam mengimplementasikan literasi di kelas melalui strategi literasi dalam pembelajaran,  maupun  implementasi  GLS  untuk  mewujudkan  PPK  berbasis  Budaya Sekolah  dalam  hal  literasi.  Dengan  strategi  tersebut  diharapkan  dapat  meningkatkan performa literasi peserta didik SMK, maupun ekosistem sekolah.

Materi  ini  terutama  menekankan  pada  peningkatan  keterampilan  memahami  konten bacaan, konsepsi yang disajikan pada bacaan, dan kemampuan berpikir melalui bacaan pada strategi sebelum, selama, dan sesudah membaca serta Kemampuan berpikir tinggi merupakan salah satu kompetensi capaian implementasi Kurikulum 2013. 

Materi ini juga memberikan  penjelasan  tentang  model  implementasi  kegiatan  pembiasaan melalui  15 menit  membaca  dan  metode  membaca,  Cara  Memilih  Buku,  Mengembangkan Lingkungan  Kaya  Teks,  Pojok  Baca  Sekolah  dan  Perpustakaan  kelas.  

Materi penyegaran  Kurikulum  2013  dilengkapi  dengan  modul,  materi  presentasi  dan  lembar kerja  yang  memandu  aktivitas  peserta  untuk  mendalami  dan  mengimplementasi pembelajaran  berbasis  literasi.  

Semua  perangkat  ini diharapkan  menjadi  acuan  bagi instruktur dan pemangku kepentingan di jenjang nasional, provinsi, kabupaten/kota dan sekolah  untuk  meningkatkan  kecakapan  literasi  siswa secara  efektif  dan berkesinambungan.

Unduh Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Kurikulum 2013 Di Sini

Belum ada Komentar untuk "Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel