Standar Kompetensi Guru Kurikulum 2013 SD/MI Terbaru

AYOBELAJAR.org -  Tujuan pendidikan merupakan sesuatu yang ingin dicapai pada kegiatan pendidikan, terdapat beberapa tujuan dalam sistem pendidikan nasional di Indoneisa antara lain adalah:
1. Pendidikan Nasional
2. Institusional
3. Kurikuler
4. Instruksional
https://www.ayobelajar.org/2018/10/standar-kompetensi-guru-kurikulum-2013.html
Standar Kompetensi Guru Kurikulum 2013 SD/MI  
Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah (UU Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen).

Sebagai seorang pendidik yang profesional, seorang pendidik harus memiliki standar kompetensi yang harus dicapai. Standar Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Standar Kompetensi ini ditentukan oleh pemerintah yang tercantum pada UU Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Dalam Pasal 8 di jelaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. 

Sedangkan kompetensi guru yang dimaksud meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Standar Kompetensi Guru Kurikulum 2013 SD/MI Terbaru Unduh docx Di Sini
Standar Kompetensi Guru Kurikulum 2013 SD/MI Terbaru Unduh pdf Di Sini

0 Response to "Standar Kompetensi Guru Kurikulum 2013 SD/MI Terbaru"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel