Implementasi Kurikulum 2013 Praktik Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Penguatan karakter bangsa menjadi salah satu butir Nawacita yang dicanangkan Presiden melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Komitmen ini ditindaklanjuti oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan.
https://www.ayobelajar.org/2018/10/implementasi-kurikulum-2013-praktik.html
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan penguatan penguatan penanaman nilai-nilai karakter pada seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan.Pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dirinci ada delapan belas nilai karakter yang diharapkan membentuk karakter bangsa yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikasi, cintai damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab yang dapat dirangkum menjadi 5 (lima) nilai utama, yaitu: religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

Nilai-nilai karakter tersebut hendaknya menjadi “ruh” atau sari-pati yang “mewarnai” seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan; baik di dalam pembelajaran yang berbasis kelas, iklim kehidupan sekolah, maupun dalam rangka interaksi dengan kehidupan masyarakat pada umumnya.diintegrasikan pada pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan dengan karakteristik KD.

Di dalam sistem belajar-mengajar terkandung proses pembelajaran, yaitu proses interaksi antarpeserta didik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar lainnya pada suatu lingkungan belajar. Di dalam proses pembelajaran terjadi proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik.

Pengembangan potensi dimaknai sebagai kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.

Pada pelatihan ini dirancang materi PraktikPembelajaran menggunakan model-model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dan saintifik untuk membentuk kemampuan peserta didik dan penguatannilai-nilai karakterdan tuntutan kecakapan abad 21, antara lain kemampuan berfikir kritis, kreatif, problem solving dan kemampuan berkolaborasi.

Guna mencapai kemampuan tersebutpeserta pelatihan perlu mengkajipembelajaran yang telahdirancangsesuai dengan tuntutan kurikulum dan upaya penanaman nilai-nilai karakter melalui praktik pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik danmodel pembelajaran problem-based learning,project-based learning, teaching factory, dan production-based training/ production-based education and training.

Langkah-langkah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajarandapat dilaksanakan sebagai berikut.
1.  Melakukan analisis Kompetensi Dasar (KD), analisis materi pembelajaran, analiaisi penerapan model pembelajaran, dan analisis penilaian hasil belajar dan mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan dalam setiap langkah analisis tersebut;
2.  Mendesain RPP yang memuat fokus penguatan internalisasi nilai-nilai karakter dengan memilih metode pembelajaran dan pengelolaan (manajemen) kelasyang relevan;
3.  Melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP;
4.  Melaksanakan penilaian otentik atas pembelajaran yang dilakukan.

Unduh Implementasi Kurikulum 2013 Praktik Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Sini

Belum ada Komentar untuk "Implementasi Kurikulum 2013 Praktik Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) "

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel