Update Materi dan Soal Latihan CPNS 2018 Lengkap

Materi dan Soal CPNS 2018 Lengkap, Materi Pembahasan pada soal CPNS mungkin sangat jarang, namun pada kali ini materi seperti buku 165 halaman yang disuguhi dengan soal-soal latihan plus dengan kunci jawaban yang kiranya bisa jadi bahan belajar yang baik untuk rekan guru.

a.     Causa materialis (asal mula bahan)  Berasal dari bangsa Indonesia sendiri, terdapat dalam adat kebiasaan, kebudayaan dan dalam agama-agamanya.  
b.    Causa formalis (asal mula bentuk atau bangun) Bagaimana Pancasila itu dibentuk rumusannya sebagaimana terdapat pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam hal ini BPUPKI memiliki peran yang sangat menentukan.  
c.     Causa efisien (asal mula karya) Asal mula yang meningkatkan Pancasila dari calon dasar negara menjadi Pancasila yang sah sebagai dasar negara. Asal mula karya dalam hal ini adalah PPKI.

Pengertian Konstitusi
a.     Pengertian secara etimologis (bahasa) 
Inggris  : constitution yang punya makna lebih luas dari UUD 
Latin  : constituere yang berarti membuat sesuatu agar berdiri/mendirikan 
Perancis : constituer yang berarti membentuk 
Hukum Islam : dustus yang berarti kumpulan faedah yang mengatur masyarakat Indonesia : konstitusi UUD
b.    Pengertian konstitusi secara terminologis adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakat negara.
c.     Berlakunya konstitusi sebagai hukum dasar didasarkan atas kekuasaan tertinggi atau prinsip kedaulatan yang dianut dalam suatu negara. Jika negara menganut paham kedaulatan rakyat (demokratis), sumber legitimasi konstitusi adalah rakyat. Jika yang berlaku adalah paham kedaulatan raja, raja yang menentukan berlaku tidaknya suatu konstitusi.
d.    Suatu konstitusi yang digolongkan sebagai konstitusi demokratis haruslah memiliki prinsipprinsip dasar demokrasi itu sendiri, yaitu: 
Menempatkan warga negara sebagai sumber utama kedaulatan. 
Mayoritas berkuasa dan terjaminnya hak minoritas. 
Pembatasan pemerintahan. 

Pembatasan dan pemisahan kekuasaan negara yang meliputi: o Pemisahan wewenang kekuasaan berdasarkan trias politika. o Kontrol dan keseimbangan lembaga-lembaga pemerintahan. o Proses hukum. o Adanya pemilihan umum sebagai mekanisme peralihan kekuasaan.
e.    Adapun syarat terjadinya konstitusi 
 Adanya perlindungan atas asas demokrasi. 
Adanya kedaulatan rakyat. 
Adanya hukum yang adil.


Paham konstitusionalisme Paham yang mengatur prinsip pembatasan kekuasaan. Konstitusionalisme mengatur dua hubungan yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu:  Hubungan antara pemerintahan dengan warga negara. 

Hubungan antara lembaga pemerintahan yang satu dengan lembaga pemerintahan yang lain. Karena itu, biasanya isi konstitusi dimaksudkan untuk mengatur tiga hal penting, yaitu: Menentukan pembatasan kekuasaan organ-organ negara. 

Mengatur hubungan antara lembaga-lembaga negara yang satu dengan yang lain. Mengatur hubungan kekuasaan antara lembaga-lembaga negara dengan warga negara.

0 Response to "Update Materi dan Soal Latihan CPNS 2018 Lengkap"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel