Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6 Tahun 2019

Anak  usia  dini  merupakan  individu  yang memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya.  Pada  saat  ini  sedang  mengalami perkembangan  otak  yang sangat  pesat  dan dikatakan  dengan  masa  emas    (golden  ages) sampai 80 %. Masa ini tidak akan terulang lagi karena pemberian  rangsangan pendidikan  pada  usia  dini  yang  tepat sangat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap anak mencapai perkembangan yang optimal sehingga mereka mempunyai  landasan  yang  kuat  untuk menempuh pendidikan selanjutnya.

Salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013 Pendidikan  Anak  Usia  Dini  adalah  pendekatan  tematik  terpadu.  Dalam  model pembelajaran  tematik  terpadu  di  PAUD,  kegiatan-kegiatan  yang  dilakukan  untuk satu tema, sub tema, atau sub-sub tema dirancang untuk mencapai secara bersama-sama  kompetensi  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  dengan  mencakup sebagian atau seluruh aspek pengembangan.
https://www.ayobelajar.org/2018/09/buku-panduan-pendidik-kurikulum-2013.html
Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6 Tahun 2019
Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung yang terjadi secara terintegrasi dan tidak terpisah. Pembelajaran langsung  adalah  proses  pembelajaran  melalui  interaksi  langsung  antara  anak dengan  pendidik  yang  dirancang  dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran  Harian  (RPPH).

Pembelajaran  langsung berkenaan dengan pengembangan pengetahuan danketerampilan  yang  terkandung  dalam  Kompetensi  Inti-3  (pengetahuan)  dan Kompetensi Inti-4 (keterampilan).

Pembelajaran  tidak  langsung  adalah  pembelajaran  yang  tidak  dirancang secara khusus namun terjadi dalam proses pembelajaran langsung. Melalui proses pembelajaran langsung untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan akan terjadi dampak ikutan pada pengembangan nilai dan sikap yang terkandung dalam Kompetensi Inti-1 (sikap spiritual) dan Kompetensi Inti-2 (sikap sosial).
Pendidikan  anak  usia  dini  (PAUD)  merupakan  pendidikan  yang  sangat fundamental  karena  perkembangan  anak  di  masa  selanjutnya  akan  sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usiadini.  Di lembaga PAUD, pendidik mempunyai  peran  yang  sangat  penting  untuk membantu  anak  tumbuh  dan  berkembang  secara  optimal.  Untuk  membantu meningkatkan kemampuan pendidik dalam melakukan stimulasi  diperlukan panduan yang operasional.

Panduan  untuk  Pendidik  Anak  Usia  5-6  tahun  ini  disusun  untuk memberikan  acuan  yang  rinci  tentang  bagaimana  program-program pembelajaran PAUD dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang telah ditetapkan dalam Permendikbud no. 146 tahun 2014.

Sebagai  panduan  edisi  pertama,  Kemdikbud  sangat  terbuka  untuk mendapat masukan yang akan berguna untuk perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. 

Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6 Tahun 2019"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel