Serba-Serbi PPG Tahun 2018

AYOBELAJAR.org, Helo sahabat guru se-nusantar, apa kabar? Semoga pada saat sahabat membaca artikel ini admin mendapatkan kabar baik tentang keadaan sahabat-sahabat dalam sehat walafiat. Oke, dari judul di atas admin ingin memberikan pemahaman yang admin dapatkan dari membaca juknis ataupun informasi yang tentunya sangat bermanfaat bagi sahabat-sahabat guru terkait PPG Dalam Jabatan Tahun 2018.

https://www.ayobelajar.org/2018/06/serba-serbi-ppg-tahun-2018.html
Serba-Serbi PPG Tahun 2018
Apa itu PPG?
PPG adalah Pendidikan Profesi Guru, yang dimana merupakan progam untuk mendidik sarjana atau guru menjadi guru profesional. PPG awalnya dilaksanakan oleh alumni SM3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terpencil Terluar Terdepan), jadi setelah para sarjana lolos seleksi dan menjadi peserta SM3T, mereka mengajar di daerah 3T selama 1 tahun.

Setelah mereka selesai mengajar di daerah 3T selama 1 tahun mereka diwajibkan mengikuti kegiatan PPG Prajabatan berasrama selama 1 tahun dan bebas biaya. SM3T berakhir pada tahun 2016 angkatan ke VI (Apakah sudah berakhir?? masih belum tahu pasti) dan masa kerjanya berakhir pada tahun 2017.

PPG Prajabatan Di tahun 2017 bulan Mei lah, PPG Prajabatan dibuka dengan seleksi langsung tanpa harus mengikuti progam SM3T.

Syaratnya utamanya: usia maksimal 28 tahun dan belum menikah, selain itu bisa masukan dari kalangan guru atau mahasiswa fresh graduate. Seleksi untuk menjadi mahasiswa PPG Prajabatan ini harus lolos 3 tahap seleksi, yang pertama seleksi administrasi, yang kedua seleksi akademik berupa test online CBT dan yang terakhir seleksi wawancara bakat minat.

PPG Prajabatan ini merupakan PPG Prajabatan Bersubsidi yang mana biaya pendidikan dibebaskan hanya biaya hidup yang ditanggung peserta. PPG Prajabatan dilakukan selama 1 tahun namun kegiatan PPG Prajabatan ini dilaksanakan ada yang berasrama dan ada yang tidak tergantung LPTK penyelenggara.

PPG Dalam JabatanPPG Daljab Ternyata pada tahun 2017 bulan November, di buka pula PPG Dalam Jabatan. PPG Dalam Jabatan merupakan PPG khusus untuk guru yang sudah mengajar yang terdaftar dalam DAPODIK.

Selain terdaftar dalam DAPODIK, juga harus mempunyai acount di SIMPKB. Untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan harus mendaftar melalui SIMPKB untuk disetujui oleh LPMP.

Untuk kemudian mengikuti seleksi yang berupa PRETEST. Setelah lolos bisa menyiapkan berkas untuk diserahkan ke Dinas setempat untuk proses seleksi administrasi. PPG Dalam Jabatan untuk PRETEST pada tahun 2017 akan memulai daring pada tahun 2018 ini.

Untuk gambarannya lebih lanjut, sahabat pantau terus sahabat-sahabat yang mengikuti progam daring ini bagaimana proses pembelajarannya dan kegiatan kelanjutannya. PPG Dalam Jabatan/ PPG Daljab.

PPG Kemenag pada tahun 2018 ini juga dibuka PPG Dalam Jabatan dari Kemenag. Karena masih baru, masih sedikit informasi yang didapatkan PPG Dalam jabatan kemenag/ PPG Kemenag.
Pengumuman penetapan peserta dilakukan dalam dua tahap, guru yang belum masuk kuota tahap satu agar menunggu pengumuman kuota tahap 2. Informasi selangkapnya silahkan unduh di sini

Pengumuman penetapan peserta dilakukan dalam dua tahap, guru yang belum masuk kuota tahap satu agar menunggu pengumuman kuota tahap 2. Informasi selangkapnya silahkan unduh di 
sini

Laman informasi pembelajaran daring masing-masing LPTK dapat dilihat melalui tautan terkait yang disediakan dibagian bawah laman ini atau klik di sini

Informasi selangkapnya bagi peserta tahap II silahkan unduh di sini

Nah mungkin seperti itu sedikit informasi tentang PPG yang dapat admin bagikan dikesempatan kali ini, silahkan pantau artikel-atikel berikut untuk informasi pendidikan Indonesia yang terupdate.

Belum ada Komentar untuk "Serba-Serbi PPG Tahun 2018"

Posting Komentar

Jika Bermanfaat Silahkan Share di Facebook Maupun GPlus.
Berikan Saran, Pendapat, Kritik Ataupun Pertanyaan di Web ini Lewat Komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel