JUKNIS BANTUAN LEMBAGA TEMPAT UJI KOMPETENSI PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2018

https://www.ayobelajar.org/2018/06/juknis-bantuan-lembaga-tempat-uji.html
JUKNIS BANTUAN LEMBAGA TEMPAT UJI KOMPETENSI PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2018   
Pencapaian  100  tahun  Indonesia  merdeka  akan  sangat  ditentukan  oleh bagaimana  kita memanfaatkan  peluang bonus  demografi  dengan  menyiapkan  kualitas  angkatan  kerja  yang berlimpah. Pada tahun 2010, terdapat 32,5 juta anak usia 0-6 tahun yang pada tahun 2045 usia mereka mencapai 35-41 tahun. Sementara itu anak usia 0-6 tahun pada tahun 2016 yang berjumlah  33,5  juta  orang,  pada  tahun  2045  usia  mereka  telah  mencapai  29-35  tahun. 

Ini merupakan usia produktif, yang jika dipersiapkan dengan baik sejak sekarang akan menjadi modal pembangunan, tetapi sebaliknya jika tidak dipersiapkan dengan baik justru kelak akan menjadi beban pembangunan.

Pengembangan  Anak  Usia  Dini  telah  masuk  dalam  agenda  PBB  melalui  Tujuan
Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDG). Kemudian lebih lanjut dalam  Peraturan  Presiden  Republik  Indonesia  No.59  Tahun  2017  tentang  Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pada tahun 2030, menjamin bahwa semua anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan pra-sekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar.  Peraturan presiden diatas sesuai dengan gerakan PAUD berkualitas  yang dicanangkan  oleh    Ibu  Negara  RI  Ibu  Iriana  Joko  Widodo  selaku  Bunda PAUD Indonesia pada tahun 2015.

Dalam  rangka  meningkatkan  kapasitas  lembaga  TUK  pendidik  PAUD  tersebut  maka Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemendikbud pada tahun 2018 akan memberikan bantuan bagi  calon  lembaga  Tempat  Uji Kompetensi (TUK) pendidik PAUD.

Tujuan Petunjuk Teknis
1.    Sebagai  acuan  bagi  Direktorat  Pembinaan  PAUD  dalam  menetapkan  lembaga  yang mengajukan bantuan;
2.    Sebagai acuan bagi dinas pendidikan setempat dalam memberikan rekomendasi kepada lembaga yang mengajukan bantuan;

3.    Sebagai acuan bagi lembaga guna mengetahui prosedur dalam pengajuan, penyaluran dan pertanggungjawaban Bantuan Lembaga TUK Pendidik PAUD Tahun 2018.

Unduh Juknis Bantuan Lembaga Tempat Uji Kompetensi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018 DISINI

0 Response to "JUKNIS BANTUAN LEMBAGA TEMPAT UJI KOMPETENSI PENDIDIK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TAHUN 2018 "

Posting Komentar

Jika bermanfaat silahkan share di Facebook maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel