Syarat PPG 2018 Sesui Edaran Dirjen GTK (Tahap 2)

Syarat PPG 2018 Sesui Edaran Dirjen GTK (Tahap 2)
Syarat PPG 2018 Sesui Edaran Dirjen GTK (Tahap 2)

Syarat PPG 2018 sesui Edaran Dirjen GTK (Tahap 2) - Syarat PPG 2018 meliputi persyaratan akademi dan juga administrasi, apabila para calon peserta PPG tidak memenuhi persyaratan dari PPG 2018, yang telah ditetapkan oleh Dirjen GTK maka akan dinyatakan gugur menjadi peserta pendidikan profesi guru dalam jabatan PPGJ tahun 2018.

Berhubungan dengan syarat PPG 2018, dimulai dari tahapan awal seorang calon peserta PPGJ 2018 adalah harus lulus syarat administrasi. Persyaratan administrasi berhubungan dengan data diri guru yang sudah terekam dalam aplikasi dapodik.

Download Syarat PPG 2018 Tahap 2 Oleh Kemdikbud

Persyaratan Administrasi PPG 2018

Untuk para calon peserta PPGJ diwajibkan harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan dalam edaran resmi Dirjen GTK Kemdikbud Nomor 4184/B4/GT/2018, persyaratan tersebut antara lain adalah:

  1. Sudah terdaftar di dalam database Dapodik Kemdikbud terhitung sejak tanggal 31 Juli 2017.
  2. Telah di angkat sebagai guru sejak 31 Desember 2015.
  3. Sudah mempunyai NUPTK (Untuk yang belum mempunyai NUPTK tetap diperbolehkan untuk mendaftar, apabila sudah lulus seleksi administrasi dan akademi / lulus pretest akan diprioritaskan dengan usulan NUPTK).
  4. Mempunyai kualifikasi sarjana maupun setara diploma 4 (S.1/D.IV) dari perguruan tinggi yang program studi tersebut sudah terakreditasi dan dibuktikan dengan hasil scan maupun pindai Ijazah
  5. Memiliki kualifikasi akademi sarjana ataupun diploma 4 (S.1 / D.IV) yang sesuai dengan program studi PPG yang dipilih (Linearitas).
  6. Masih aktif menjadi guru pengajar, dibuktikan dengan kepemilikan SK Pembagian Tugas Mengajar dari Kepala Sekolah sejak tahun 2014 s/d tahun 2018 atau selama 5 tahun terakhir.
  7. Mempunyai status Guru Tetap Yayasan (GTY), Guru bukan PNS pada sekolah negeri serta Guru PNS. Khusus Guru yang bukan PNS di sekolah negeri wajib dibuktikan dengan kepemilikan SK pengangkatan dari kepala daerah (SK Bupati/Walikota/Gubernur) atau kepala dinas pendidikan setempat sejak tahun 2014 s/d tahun 2018 atau selama 5 tahun terakhir. Persyaratan ini berlaku untuk program pendaftaran dan pelaksanaan PPGJ tahun 2018 tidak berlaku untuk persyaratan pembayaran tunjangan profesi guru maupun sertifikasi guru. Untuk masalah biaya PPGJ GBPNS di sekolah negeri akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah ataupun satuan pendidikan / sekolah kecuali guru yang mengajar pada daerah 3T / daerah khusus.
  8. Pada tanggal 31 Desember 2018, berusia maksimal / setinggi-tingginya 58 tahun.
  9. Sehat secara jasmani dan rohani
  10. Bebas napza (Narkotika, Psikotoprika, maupun zat adiktif lainnya).
  11. Terakhir berkelakuan baik.


Apabila diantara rekan-rekan sudah memenuhi syarat administrasi, segera tinjau undangan pendaftaran ppg di akun sim pkb.

Persyaratan Akademik PPG Tahun 2018.

Selain harus memenuhi syarat administrasi, para peserta juga wajib lulus dengan syarat akademi. Hal ini sangat diperlukan untuk mencapainya, seorang guru juga wajib mengikuti seleksi ataupun tes kemampuan akademi secara online. Tes akademi ini meliputi TPA (tes potensi akademi), tes pedagogik, tes bakat dan minat serta tes bidang studi.

Nilai minimal tes akademi pretes PPG tahun 2018 sudah ditetapkan Kemenristekdikti sebesar 50 untuk program studi kejuruan dan 60 untuk program studi non kejuruan.

Demikian yang telah kami sampaikan tentang Syarat PPG 2018 (Persyaratan Peserta), dengan persiapan yang baik semoga mendapat hasil yang baik pula. Semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mencari Syarat PPG 2018 sesui Edaran Dirjen GTK, sekian dan terima kasih.

0 Response to "Syarat PPG 2018 Sesui Edaran Dirjen GTK (Tahap 2)"

Posting Komentar

Jika bermanfaat silahkan share di Facebook maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel